Header Ads

Himpaudi Jayaa

GARDAPATIH 2


Peningkatan kompetensi guru saat ini terus dilakukan oleh HIMPAUDI Kab. Pamekasan, dengan harapan dapat berdampak langsung terhadap kualitas pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Pamekasan, karena guru merupakan leading sector dalam pendidikan.
Guru adalah sebuah profesi yang mulia karena di tangan merekalah masa depan bangsa ini ditentukan. Guru juga dianggap sebagai pahlawan pembangunan, karena di tangan mereka akan lahir pahlawan-pahlawan pembangunan yang kelak mengisi ruang-ruang publik di negeri ini. Guru yang ideal, bukan saja sekedar guru yang memenuhi syarat-syarat teknik: seperti pintar, pandai, atau pakar di bidang ilmu yang dimiliki, melainkan yang jauh lebih penting dari itu
Seorang guru harus punya semangat belajar terus menerus. Kalau guru berhenti belajar ya berhenti jadi guru. Selama guru masih mau belajar, semua akan dapat manfaatnya," kata Bapak Heriyanto (ketua HIMAUDI Kab. Pamekasan. Ia juga mengatakan, banyak guru yang merasa sudah pengalaman., tapi tetap harus belajar terus. Pengalaman tidak ditentukan dari lamanya mengajar saja. Ia menjelaskan lagi, di era teknologi, profesi guru bisa jadi akan tergusur oleh mesin. Bila cara mengajarnya hanya pengulangan saja (repetisi) tanpa inovatif dan itu-itu saja. Tapi guru yang tidak akan digantikan mesin bila bisa membawa nilai, serta inovatif.
Dalam meningkatkan kompetensi guru di wilayah Kabupaten Pamekasan,  HIPMAUDI Kabupaten Pamekasan telah melaksanakan program-program untuk meningkatkan kompetensi guru yang melibatkan para guru di 13 Kecamatan di Kabupaten pamekasan di antaranya melalui kegiatan Gerakan Daerah Himpaudi Melatih (GARDAPATIH). Program ini bertujuan mendukung upaya peningkatan kualitas dan kinerja guru melalui peningkatan penguasaan materi pembelajaran dan keterampilan mengajar di kelas serta pengelolaan administrasi yang baik menuju PAUD yang berstandar nasional.
Program GARDAPATIH ini efektif dilaksanakan sejak tahun 2017. Adapun yang menjadi mitra Program ini adalah HIMPAUDI di 13 kecamatan yaitu: Kecamatan Pamekasan, Pademawu, Galis, Larangan, Proppo, Pakong, Waru, Batumarmar, Pasean, Pegantenan, Palengaan, Tlanakan, dan Kadur.
Kegiatan GARDAPATIH 2 ini berlangsung dari tanggal 16 – 18  Oktober 2018 yang bertempat di PKG Kabupaten Pamekasan yang dibuka langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Pamekasan Ibu Naila Badrut Tamam, Dalam sambutannya, Bunda Naila memaparkan tentang kegiatan pelatihan ini, yang dinilai sangat bermanfaat untuk para pendidik. "Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan tingkat profesionalisme guru di pendidikan anak usia dini," katanya.
Diharapkan juga dari pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi guru di tingkat anak usia dini agar lebih baik. Karena semakin profesionalnya seorang guru, menurut Bunda Naila imbasnya akan positif terhadap anak didik.
Selama 3 hari peserta terlihat antusias dan mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan rasa ingin tau yang tinggi. Peserta diharapkan mampu memahami 8 standar nasional pendidikan anak usia dini sehingga guru bisa menempatkan dirinya sebagai “agent of change” dan  dapat meningkatkan kualitas satuan pendidikan PAUD di Kabupaten Pamekasan, selain itu peserta juga diharapkan dapat menguasai teknologi artinya Guru Jangan “Gaptek” . Harus diakui bahwa saat ini sebagian guru banyak yang masih gaptek  (Gagap Teknologi), terutama mereka yang sudah jadi guru sejak lama atau senior karena di masa mereka kuliah, teknologi komputer dan internet belum sepopuler sekarang. Namun sebagai tenaga profesional, guru tidak boleh gaptek. Semua guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena hal ini akan bermanfaat untuk dalam meningkatkan kreativitas dan kemampuan  guru dalam mengajar,  juga agar proses pembelajaran tidak monoton, dan para guru bisa menjadi motivator bagi anak didiknya dalam mengajar.  Sehingga guru dapat mengajar dengan kreatif, inovatif dan inspiratif. Selain itu guru juga dapat mengakses beberapa format perencanaan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan. Dalam kegiatan GARDAPATIH 2 ini guru-guru PAUD Kabupaten Pamekasan juga dilatih untuk terampil dalam menoprasikan teknologi computer (laptop) dan juga cara mengakses internet.
Kegiatan GARDAPATIH ini terus berkelanjutan dengan kegiatan tugas mandiri yang akan dserahkan pada tanggal 31 Oktober 2018 melalui email:
himpaudikab.pamekasan.2018@gmail.com. Selain tugas mandiri kegiatan ini juga akan ditindaklanjuti dengan kegiatan GARDAPATIH 2 di 13 kecamatan se kabupaten Paekasan, yang insyaallah akan dimulai sejak bulan November 2018 sampai selesai.




















No comments